Tanya Jawab Sistem Pengaduan Masyarakat

Tanya Jawab



Bagaimana caranya pengaduan kepada pimpinan DPR ?

Untuk pengaduan terdapat tiga macam cara :

1. Secara online dengan mengisi formulir yang berada di http://pengaduan.dpr.go.id

2. Mengirimkan pengaduan melalui surat dikirimkan ke alamat yang telah ditentukan.

3. Datang langsung ke Sekretariat Jenderal DPR RI bagian Hubungan Masyarakat.

 

Apakah diperbolehkan datang langsung ?

Diperbolehkan datang langsung ke Sekretariat Jenderal DPR RI bagian Hubungan Masyarakat.

 

Bagaimana prosesnya ?

Pengaduan anda akan kami lanjutkan ke bagian-bagian yang berwenang.

 

Siapa yang akan menjawab pengaduan saya ?

Yang akan menjawab tergantung dengan masalah pengaduan anda. Pengaduan anda diteruskan ke alat kelengkapan dewan yang menangani bidang-bidang tersebut.

 

Apakan saya akan dikabarkan tentang proses pengaduan saya ?

Anda bisa melihat langsung di website dengan memasukan nomor pengaduan anda.

 

Bagaimana cara melihat status pengaduan ?

Masukan nomor pengaduan di menu sebelah kiri, kemudian akan terlihat status pengaduan anda.

 

Bagaimana kalau saya lupa dengan nomor pengaduan ?

Nomor pengaduan akan terlihat pada saat anda memasukan data pengaduan dan dikirimkan ke alamat e-mail anda.

 

Apakah pengaduan yang saya kirim bisa dilihat oleh masyarakat luas ?

Tidak,pelapor hanya bisa melihat pengaduannya sendiri dengan menggunakan nomor pengaduan.Sehingga kerahasian pelapor terjamin.

 

Bagaimanakah tindak lanjut dari pengaduan yang di laporkan oleh masyarakat ?

Berdasarkan UU nomor.27 tahun 2009 pasal 71,  bahwa Tugas dan Wewenang DPR adalah menyerap, menghimpun, menampung dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat.